Tuesday, January 27, 2009

[Tips] GMail Java Aplication + TelkomSel + Sony Ericsson W550i

Akhirnya setelah beberapa lama Browsing di Internet, Google-ing, Keluar-Masuk forum, terpecahkan juga masalah ini.
Telkomsel dengan produk SimPATI nya yang saya gunakan, ternyata bermasalah dengan GMail, yaitu pada saat menDownload GMail App di alamat: "http://www.gmail.com/app". Walaupun ponsel yang saya gunakan dapat dikenali dengan benar (Sony Ericsson W550i), tapi ketika link untuk Download aplikasi tersebut diklik, munculah peringatan "HTTP Error 406", yang berarti, browser yang digunakan tidak dapat menerima data jenis tersebut. Seperti perkataan salah seorang blogger, Adham Somantrie, di blognya "http://www.adhamsomantrie.com/?p=81":
Tampaknya operator ini sedikit bermasalah dengan HTTPS, karena ketika saya membuka gmail format WAP dari browser di ponsel, muncul error mengenai SSL/HTTPS ketika ingin membuka halaman login (secara halaman login gmail menggunakan HTTPS). Masalah yang lain adalah, ketika saya membuka situs Gmail App, walaupun ponsel saya dapat dikenal oleh situs tersebut, ternyata saya tidak dapat melakukan download aplikasi tersebut. Saya hanya mendapati "HTTP Error 406" di layar browser saya. Yang artinya, browser saya tidak dapat menerima data jenis tersebut.

(Maaf ya mas saya kutip)

Ternyata yang menjadi biang masalahnya adalah Proxy Server yang digunakan oleh TelkomSel. Setelah melakukan setting untuk menonaktifkannya seperti yang dicontohkan oleh Mas Adham, dengan sedikit penyesuaian untuk ponsel saya, maka masalah itu pun terselesaikan.

Langkah menonaktifkan Proxy TelkomSel untuk ponsel SE W550i adalah sbb:
  1. Pada menu awal pilih Settings
  2. Lalu geser ke tab Connectivity, kemudian pilih Settings for Java
  3. Pilih sambungan GPRS TelkomSelnya (diponsel saya adalaha Telkomsel DATA)
  4. Tekan tombol More dan pilih menu Settings
  5. Pada menu Use Proxy ubahlah pilihannya menjadi No
  6. Kemudian simpan perubahan dengan tombol Save
Langkah tersebut dilakukan pada ponsel dengan pilihan bahasa ponsel adalah English. Bagi yang menggunakan Bhs Indonesia langkah-2nya adalah sbb:
  1. Setting
  2. Konektifitas, Setting utk Java
  3. Telkomsel DATA
  4. Opsi, Setting
  5. Pakai proxy, Tidak
  6. Simpan
Setelah langkah-2 tersebut dilakukan, maka Aplikasi Gmail yang bermasalah tadi akhirnya bisa di-Download dengan menghabiskan pulsa sekitar Rp. 3.500,-. Ukuran file GMail-nya sendiri adalah sebesar 318 KB untuk versi 1.1.1-nya

No comments: